ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Tips Mudah Berkenalan Di Lingkungan Baru Untuk Orang yang Senang Menyendiri

Sunday, May 19, 2019

Baca Juga

Tips Mudah Berkenalan Di Lingkungan Baru

Ada dua jenis kepribadian yang umumnya diketahui, yaitu ekstrovert dan introvert. Bagi seorang ekstrovert mudah untuk berada di lingkungan baru. Karena dirinya yang memang terbuka dan gampang berbaur. Namun tidak untuk seorang introvert yang cenderung tertutup. Butuh usaha lebih untuk mendapatkan kenalan baru. Artikel ini akan membahas tips berkenalan di lingkungan baru bagi pribadi yang seperti itu.
Tips Mudah Berkenalan Di Lingkungan Baru
freepik.com/freepik

Mendapatkan kenalan itu penting untuk memperluas jaringan, baik urusan bisnis atau pun peluang mendapatkan pekerjaan. Maka bagi siapa pun yang berkepribadian introvert jangan pernah menghindari keramaian dan keluar dari zona nyaman. Coba beberapa tips di bawah ini supaya berhasil berkenalan dengan orang-orang baru:


1. Awali dengan Senyuman

Mungkin sulit untuk orang-orang introvert memulai percakapan. Maka tips berkenalan di lingkungan baru yang paling mudah adalah tersenyum. Coba lah untuk tersenyum duluan kepada orang-orang saat bertatap muka. Terkadang dari senyuman ini bisa memulai percakapan. Ini lah kunci untuk membuka obrolan tanpa terkesan memaksa atau sok akrab.

Baca Juga : 7 Laptop Gaming Termurah 2019 Dengan Peforma Mantap


2. Perkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Kalau punya sedikit keberanian tak ada salahnya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Awali langkah ini dengan perlahan. Jangan pernah memaksakan diri untuk bergabung pada segerombolan orang yang sedang asyik berbincang. Hindari pula kesan terlalu ceria atau sok akrab.
Dekati orang yang sedang menganggur atau duduk sendiri. Kenalkan diri mulai dari nama dan dari mana berasal. Kalau lawan bicara terkesan kurang nyaman, segera tinggalkan. Jangan berlama-lama karena akan memberikan kesan yang tidak menyenangkan.

Baca Juga : Daftar Daerah Di Bali yang Wajib Di Kunjungi 2019


3. Jadilah Pendengar yang Baik

Ini yang sering dilupakan orang jika sudah asyik berbicara. Tips berkenalan di lingkungan baru akan lebih efektif kalau bisa menjadi pendengar yang baik. Jangan sampai keterusan memperkenalkan diri sampai lupa mendengarkan siapa yang ada di hadapan. Justru orang lain akan lebih senang kalau ceritanya diperhatikan dan ditanggapi.

Cara ini pun sebenarnya lebih menguntungkan. Bagi orang introvert yang sulit ngobrol dengan orang baru tidak harus memutar otak mencari topik obrolan. Tinggal dengarkan kemudian tanggapi ucapan lawan bicara, maka tanpa terasa sudah mengawali hubungan pertemanan yang baik.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Aplikasi Bawaan Xiaomi


4. Hadir Bersama Orang yang Sudah Dikenal

Kalau benar-benar sulit untuk memulai percakapan, bisa hadir bersama orang terdekat. Ajak teman yang memiliki kepribadian ekstrovert akan memudahkan saat di lingkungan baru. Kepribadian mereka sangat gampang untuk mendapat teman baru. Saat sedang berkenalan, bisa ikut mengobrol sehingga secara tidak langsung mendapatkan kenalan baru juga.
Namun cara ini jangan terus-terusan dipakai. Selain akan ketergantungan, tidak melatih pribadi introvert untuk lebih terbuka. Cara ini bisa digunakan sebagai langkah awal untuk latihan mencari teman di lingkungan baru.

Baca Juga : 5 Produk Online Shop Terlaris Di Indonesia


5. Jadilah Open-Minded

Tak jarang salah satu penyebab seorang introvert sulit mendapatkan teman baru karena mind set-nya. Mereka menutup diri dari keragaman yang ada di sekitarnya atau tidak up to date. Cobalah untuk membuka pikiran dan memperbanyak referensi diri, bisa dari membaca artikel atau menonton film. Semakin banyak informasi yang dimiliki, maka akan semakin mudah untuk memulai percakapan dengan orang baru.

Selain itu, hindari juga sikap judgmental terhadap orang lain. Ini akan membatasi diri karena asumsi-asumsi yang dibuat sendiri. Padahal belum tentu benar karena tidak tahu apa yang sebetulnya terjadi pada orang lain. Bebaskan pikiran dan buka lah diri, maka dengan mudah akan mendapatkan teman baru.

Baca Juga : Manfaat Website Untuk Pribadi, Bisnis, Dan Masyarakat

Itulah tips berkenalan di lingkungan baru buat orang-orang yang senang menyendiri. Pribadi introvert bukan lah orang yang pemalu. Kadang mereka memang lebih nyaman untuk tidak terlalu terlibat dalam keramaian. Yang paling penting setelah berhasil mendapatkan teman adalah jangan memutus pertemanan yang lama. Tetap jaga silaturahmi sambil terus berusaha mendapatkan teman-teman baru.

Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments