ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Keistimewaan Wisata Lembah Harau Payakumbuh yang Wajib Dikunjungi

Thursday, July 11, 2019

Baca Juga

Tempat Wisata Sumatera Barat : Lembah Harau Payakumbuh

Sumatera Barat memang kaya akan wisata alam yang tersedia, salah satunya adalah lembah harau payakumbuh. Tempat wisata ini berupa lembah yang berada diantara dua bukit cadas yang cukup terjal. Berada diantara dua bukit membuat tempat wisata ini terlihat hijau dan asri, sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung.
Tempat Wisata Sumatera Barat : Lembah Harau Payakumbuh
sumber : rachvarental.com

Kata harau adalah asal dari kata parau yang memiliki arti suara yang serak. Zaman dulu daerah ini sering terjadi tanah longsor dan juga banjir. Jadi masyarakatnya teriak histeris yang menimbulkan suara parau, sehingga daerah ini disebut dengan lembah harau. Tanahnya yang subur membuat tumbuhan hijau tumbuh dengan subur di tempat ini.

Lokasi Lembah Harau Payakumbuh

sumber : merdeka.com

Jika sedang berkunjung ke kota Padang, Sumatera Barat, jangan lupa mampir ke kota Payakumbuh. Di kota ini ada sebuah lembah yang bernama lembah haru dan memiliki pemandangan yang sangat elok dan memesona. Lokasi nya berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Lembah harau jaraknya sekitar 47 km dari kota Bukittinggi dan berjarak sekitar 18 km jika dari pusat kota Payakumbuh.

Wisata Lembah Harau Payakumbuh


Lembah harau ini memiliki beberapa objek wisata menarik yang sering dikunjungi wisatawan. Tempat wisata inilah yang menjadi daya tarik lebih saat wisatawan datang berkunjung. Payakumbuh menyajikan tempat wisata yang dilengkapi dengan panorama alam yang asri dan alami. Berikut beberapa wisata lembah harau payakumbuh yang bisa dinikmati.

1. Harau Dream Park

sumber : travelingyuk.com

Selain wisata alamnya yang indah dan memesona, lembah harau juga memiliki tempat wisata yang diberi nama harau dream park. Wisata ini letaknya tepat di kampung Sarosah. Harau dream park memiliki banyak wahana permainan yang bisa dinikmati para wisatawan bersama keluarga. Mulai dari sepeda yang bisa dijalankan di udara sampai balon terbang seperti di Turki.

Ada juga salah satu tempat yang seperti berada di Eropa atau Korea. Hamparan pasir putih ditemani batang pohon yang sudah tak berdaun membuat suasana terasa di luar negeri. Apalagi dilengkapi dengan latar berupa bangunan ala Eropa yang sebenarnya itu adalah rumah gadang. Hal ini tentu membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung dan berfoto ala-ala di Eropa.

2. Rumah Gadang Di Sungai Beringin

sumber : kompsiana.com

Sumatera Barat kental dengan adat istiadat dan yang menjadi khas dari Provinsi ini adalah rumah gadang. Salah satu rumah gadang yang letaknya di sungai beringin merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Bangunan dari rumah gadang ini masih sangat kokoh dan juga bersih terawat.

Para wisatawan yang datang akan melihat budaya dari minangkabau yang sangat bersejarah. Selain itu rumah gadang ini juga telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata untuk dijadikan objek wisata sekaligus melestarikan budaya.

3. Kapalo Banda Taram

sumber : kumparan.com

Sebuah danau yang cantik serta banyak bukit hijau yang mengitari tentu akan menarik perhatian. Di lembah harau payakumbuh terdapat tempat wisata kapalo banda taram.  Panorama alam yang disuguhkan benar-benar sempurna.  Udara yang sejuk dan hijaunya pemandangan membuat para wisatawan yang datang betah berlama-lama.

Awalnya tempat wisata ini hanyalah sebuah irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah milik penduduk sekitar. Namun sekarang tempat ini dijadikan objek wisata untuk umum. Tidak hanya melihat pemandangannya saja, wisatawan juga bisa menaiki rakit bambu untuk berkeliling danau.

4. Air Terjun Lubuak Bulan

sumber ; merahputih.com

Payakumbuh memiliki tempat wisata berupa air terjun yang cocok dikunjungi apalagi saat cuaca sedang cerah. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun lubuak bulan ini harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 4 sampai 5 jam. Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter dan curah air yang sangat deras.

5. Ngalau Indah


Tempat wisata ini berupa gua yang letaknya ada di lereng bukit Simarajo. Goa ini sangat unik karena memiliki pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda. Para wisatawan yang datang pun bisa menikmati indahnya persawahan milik penduduk yang ada di sekitar lokasi. Goa ini terdapat stalagmit dan juga stalagtit yang ekosistemnya masih terjaga dengan sangat baik.

Ada sebuah batu yang memiliki bentuk seperti sebuah lonceng dan bentuknya kerucut. Pantulan suara yang dihasilkan dari batu ini terdengar cukup nyaring. Pintu keluar goa ini akan membawa wisatawan menuju Puncak Marajo.

6. Kelok 9


Sebenarnya kelok 9 ini adalah sebuah jalan sepanjang kurang lebih 300 meter yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. Disebut dengan kelok 0 karena ruas jalannya yang memang berkelok-kelok menyerupai angka 9.

Ditambah dengan pemandangan alam yang hijau nan asri membuat jalan ini ramai dikunjungi para wisatawan. Selain itu jalan kelok 9 ini berada di antara bukit cagar alam harau dan juga cagar alam air putih.

7. Padang Mengatas


Wisata lembah harau payakumbuh yang selanjutnya adalah padang mengatas.  Wisata ini juga disebut-sebut sebagai New Zealand nya Indonesia. Namun wisatawan lebih mengenal tempat ini dengan nama padang mangateh. Tempat ini berupa padang rumput yang hijau dan asri serta memiliki luas sebesar 289 hektare. Di tempat ini juga sengaja dijadikan tempat peternakan sapi karena rumput yang hijau tumbuh subur disini.

Selain padang rumput luas yang terbentang luas, pemandangan sekitar pun banyak pepohonan hijau yang sangat asri. Mata para wisatawan yang datang akan sangat dimanjakan oleh panorama alam yang indah ini. Wisata ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan, terutama bagi wisatawan yang mencari spot foto terbaik.

Penginapan Di Lembah Harau Payakumbuh


Berencana untuk berkunjung ke Sumatera Barat dan ingin menginap di kawasan payakumbuh, jangan khawatir disana banyak penginapan yang tersedia. Banyaknya tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan, membuat tempat ini juga dilengkapi dengan penginapan. Penginapan yang disediakan pun harganya terjangkau dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Tempat penginapan yang ada di kota ini berupa homestay dan juga resort. Banyak resort dan homestay yang tersedia dengan harga terjangkau dan tentunya dilengkapi dengan fasilitas dan pemandangan yang menakjubkan. Bisa memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata agar lebih menghemat waktu dan bisa bermain sepuasnya.

Homestay Lembah Harau Payakumbuh

Jika ingin memilih penginapan berupa homestay, tidak perlu ragu banyak homestay yang tersedia di lembah harau. Homestay yang tersedia pun serupa dengan rumah khas dari Sumatera Barat yang sangat menawan. Bahkan ada beberapa homestay yang menawarkan tempat tinggal berupa perpaduan antara rumah gadang dan konsep luar negeri sepert Spanyol.

Hal ini tentu akan membuat homestay terlihat menarik dan nyaman untuk disinggahi. Namun jika ingin memilih homestay yang lebih modern, jangan khawatir di tempat ini juga banyak homestay yang modern. Jadi tinggal pilih homestay sesuai keinginan dan juga budget yang dimiliki.

Menikmati liburan di kota yang sejuk dan dilengkapi dengan pemandangan dan panorama alam yang hijau tentu sangat memukau. Apalagi jika liburan bersama keluarga dan kerabat dekat pasti akan lebih seru dan bisa menghilangkan penat  dari hiruk pikuk ibu kota.

Banyak tempat wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke lembah harau payakumbuh Sumatera Barat ini. Ada juga beberapa penginapan berupa homestay atau resort yang akan semakin membuat nyaman liburan di kota payakumbuh. Jadi liburan dijamin tidak akan membosankan!
Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments