ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Inilah Makanan yang Mengandung Lemak Baik Untuk Dikonsumsi Dan Mudah Ditemui

Saturday, June 22, 2019

Baca Juga

Beberapa Makanan Dengan Lemak Baik yang Mudah Ditemui

Jenis lemak terdiri dua yaitu lemak jahat (lemak jenuh) dan lemak baik (lemak tak jenuh). Lemak jahat inilah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena memicu peningkatan lemak dan kolesterol. Sedangkan yang aman dikonsumsi adalah makanan yang mengandung lemak tak karena baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung lemak baik:
 Makanan yang Mengandung Lemak Baik
halodoc

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak berupa omega-3 yang berperan penting bagi kesehatan tubuh dan otak. Sehingga dengan mengonsumsi ikan bisa membuat otak bekerja optimal. Beberapa studi telah mengatakan bahwa mengonsumsi ikan bisa membantu penurunan stroke, serangan jantung, dan alzheimer. Jadi aman dikonsumsi karena mengandung lemak baik.

Jenis ikan yang mengandung lemak baik diantaranya salmon, trout, mackerel, atau sarden. Ikan tersebut tinggi lemak dan rasanya pun gurih. Bisa digoreng atau pun dikukus setelah dibaluri dengan berbagai bumbu. 

2. Telur

Banyak yang beranggapan bahwa telur tidak baik untuk kesehatan karena bagian yang berwarna kuning di dalamnya tinggi lemak dan kolesterol. Anggapan tersebut adalah salah. Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa telur tidak berdampak pada peningkatan kolesterol asalkan tidak mengonsumsinya berlebihan. Satu butir telur mengandung nutrisi yang dibutuhkan seluruh tubuh.

3. Kacang

Kacang juga baik untuk kesehatan, meksi dipercaya bahwa dengan mengonsumsi kacang bisa menggemukkan badan dan menyebabkan jerawatan. Itu tidak benar, kandungan pada kacang justru memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, khusunya mengurangi resiko penyakit jantung. Mengonsumsi kacang setiap minggu sekitar 140  gram bisa beresiko terbebas penyakit jantung.

4. Cokelat Hitam

Sudah tidak asing lagi bahwa cokelat hitam memiliki sejuta manfaat. Jenis cokelat ini dapat meningkatkan fungsi otak, baik untuk perlindungan kulit, juga baik untuk kesehatan jantung. Cokelat hitam yang mengandung banyak nutrisi, misalnya zat besi, magnesium, mangan, temabag dan lemak tak jenuh.

5. Keju

Meskipun enak, tapi banyak yang menghindari jenis makanan yang satu ini khususnya bagi yang sedang program diet. Kabarnya, keju dapat menambah massa badan dengan cepat. Makanan hasil olahan susu ini mengandung lemak baik. Keju merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, dan selenium yang berperan penting bagi tubuh.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengonsumsi keju sesuai porsi yang pas tidak berdampak pada berat badan. Keju juga baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi resiko diabetes tipe 2. Sehingga baik dikonsumsi dengan takaran yang pas meski sedang dalam program diet. Jadi, jenis makanan ini sangat disayangkan jika harus dihindari. 

6. Alpukat

Alpukat merupakan tinggi lemak, bahkan hampir 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak. Lemak tersebut adalah asam oleic yaitu asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Mengonsumsi alpukat setiap hari dengan porsi yang pas justru lebih baik untuk menambah asupan nutrisi untuk tubuh.

Itulah beberapa makanan yang mengandung lemak baik yang mudah ditemui. Setelah mengetahuinya, tidak perlu lagi menghindari jenis makanan di atas karena memang baik untuk kesehatan. Lebih selektif lagi memilih makanan khususnya bagi makanan yang mengandung lemak jahat. Mulailah mengonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh.

Share This :

0 Comments