ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Awas Kebiasaan Makan Mie Instan. Berikut Adalah Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan Jika Berlebihan

Monday, June 10, 2019

Baca Juga

Semua orang pasti pernah makan bahkan menyukai mie instan. Cara memasak yang mudah dan kenikmatan rasa menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, mie instan ternyata bisa  berefek buruk bagi kesehatan. Berikut 10 bahaya mie instan bagi kesehatan jika berlebihan mengkonsumsinya.

1. Resiko Kanker

Kandungan pengawet mie instan seperti TBHQ atau t-butylhydroquinone serta BHA Butylated hydroxyanisole bersifat karsinogenik. Zat ini merupakan pemicu utama penyakit kanker yang paling ditakuti banyak orang. Apalagi mie instan yang harus diseduh pada gelas dengan bahan Styrofoam. 
Bahan Styrofoam yang diberi air panas ketika menyajikan mie akan menimbulkan reaksi tertentu. Sehingga sangat tidak baik dan dapat berbahaya jika masuk ke tubuh.

2. Keracunan MSG

Bahaya mie instan bagi kesehatan yaitu dapat memicu keracunan MSG. Kondisi ini dikenal dengan istilah Chinese Restourant Syndrom. MSG banyak ditemukan pada bumbu mie instan. Beberapa orang memang memiliki sindrom ini, yang ditandai dengan pusing dan sesak nafas setelah kelebihan konsumsi MSG. Kelebihan konsumsi MSG juga berbahaya bagi fungsi organ tubuh.

3. Kerusakan Jaringan Otak

Mengkonsumsi mie instan berlebihan juga berakibat fatal bagi jaringan otak. Hal ini dikarenakan penumpukan zat – zat kimia berbahaya dalam tubuh bisa berefek juga pada rusaknya sel – sel jaringan otak. Kondisi yang mungkin terjadi adalah penurunan transmisi sinyal dalam otak. Ketika jaringan otak rusak, dapat memicu penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

4. Resiko Keguguran

Zat kimia yang ada pada mie instan sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Pengawet yang banyak terdapat pada makanan instan tersebut dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin yang memicu keguguran. Maka bagi wanita yang sedang mengandung sebaiknya hindari mengkonsumsi mie instan.

5. Obesitas

Mengkonsumsi mie instan terlalu bayak juga dapat memperlambat metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lambat akan berakibat pada peningkatan berat badan. Kondisi ini sebagai akibat dari penumpukan racun yang terakumulasi dalam tubuh. Peningkatan berat badan yang drastis akan memicu penyakit obesitas.

6. Menggangu Sistem Pencernaan

Membuat sajian mie instan memang sangat mudah. Namun untuk bisa dicerna tubuh, tidak semudah membuatnya. Saat masuk tubuh, mie instan akan menempel pada usus dan bisa memicu penumpukan gas dalam perut. Kondisi yang umum terjadi adalah sakit perut, diare, maag, kembung dan masalah pencernaan lainnya.

7. Memicu Peningkatan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu bahaya mie instan bagi kesehatan karena kandungan sodium di dalamnya. Mie instan juga dikenal mengandung banyak MSG dan Natrium yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

8. Kerusakan Ginjal

Mie instan juga dikenal mengandung senyawa Proplene Glycol yang dapat merusak fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ vital yang bila mengalami kerusakan akan bisa sangat fatal seperti menderita gagal ginjal.

9. Menggangu Hormon

Mie instan yang berlebihan dikonsumsi umumnya dapat berpengaruh pada hormon baik wanita atau pria. Bagi wanita sodium yang terkandung dalam makanan ini akan mempengaruhi ketidakteraturan periode menstruasi. Selain itu dapat menjadi pemicu munculnya jerawat yang pasti akan menggangu penampilan. 
Sementara untuk pria, efek negatif yang bisa diakibatkan oleh mie instan adalah dapat mempengaruhi hormone seks. Zat kimia dalam makanan ini akan menyebabkan pria kesulitan untuk bisa mengontrol gairal seks. Hal ini pasti akan sangat mengganggu.

10. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Khususnya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, penyerapan nutrisi sangat dibutuhkan. Mengkonsumsi terlalu sering mie instan untuk anak-anak sungguh sangat tidak disarankan. Zat kimia yang terdapat pada mie instan diduga banyak menghambat penyerapan nutrisi yang seharusnya sangat dibutuhkan oleh anak –anak.
Itulah uraian singkat tentang apa saja resiko atau  bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh manusia. Mie instan memang salah satu alternatif menu makanan yang bisa dikonsumsi asal tidak berlebihan. Sebaiknya sertakan juga sayuran serta sumber protein lainnya seperti daging atau ikan ketika menyajikannya.
Share This :

0 Comments