ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Tips dan Cara Melatih Kemampuan Berbicara Didepan Umum Yang Mudah Untuk Dilakukan

Friday, May 17, 2019

Baca Juga

Tips dan Cara Melatih Kemampuan Berbicara Didepan Umum

Tidak semua orang bisa berbicara didepan umum karena bukanlah perkara yang mudah. Kemampuan ini penting adanya bagi orang yang dalam pekerjaannya mengharuskan public speaking seperti guru, dosen, politikus, atau presiden. Untuk itu, akan dijelaskan cara melatih kemampuan berbicara di depan umum. 

Buat Diri Nyaman Untuk Berbicara Di Depan Umum

Tips dan Cara Melatih Kemampuan Berbicara Didepan Umum Yang Mudah Untuk Dilakukan
freepik.com

Salah satu faktor seseorang tidak bisa berbicara dengan baik dan cakap di depan umum adalah karena rasa ketidaknyamanan. Jika orang tersebut tidak nyaman untuk berbicara di depan umum, maka untuk memulai berbicarapun rasanya akan sangat enggan. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat diri nyaman bicara di depan umum.


1. Kenali Pendengar 

Cara yang pertama adalah mengenali pendengar kita. Dengan begitu kita bisa mengetahui apakah yang kita katakan sudah baik dan benar, atau bisa diterima oleh mereka. Mengenali pendengar bisa dengan memikirkan alasan dan tempat kita diminta untuk berbicara. 
Kemudian cari tahu mengenai usia, gender, pendidikan, keramahan, dan agama dari pendengar agar kita bisa menyesuaikan batasan dan pembahasan apa yang dibicarakan. Dengan begitu kita akan terlihat meyakinkan dan bisa mendapatkan kepercaraan dari pendengar.


2. Ubah Cara Berpikir

Yang membuat orang sulit berbicara di depan umum karena sebelum memulai sudah banyak hal negatif yang dipikirkan. Bayangkanlah apa manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain, dan apa yang kita lakukan sudah berada di tempat dan waktu yang tepat.
Jangan pikirkan kesalahan yang akan kita buat nantinya karena itu hanya akan semakin membuat gugup. Buang semua pikiran negatif dan jadikan ini sebagai pujian karena mungkin saja orang lain memang ingin mendengarkan apa yang ingin kita katakan.


3. Belajar Nyaman Dengan Keheningan

Pendengar yang baik pasti tidak akan membuat kegaduhan saat kita sedang berbicara karena tujuannya memang ingin mendengar apa yang kita bicarakan. Namun untuk pemula, keheningan dari pendengar pasti akan membuat canggung dan gugup.
Seharusnya kita jadikan keheningan ini kesempatan untuk meningkatkan kualitas berbicara kita. Bisa dengan membuat pernyataan yang akan memberikan kesan mendalam bagi pendengar.

4. Pahami Gaya dan Pola Bicara

Kebanyakan orang sering membuat suara-suara atau kata-kata saat berpikir. Seperti ah-, em-, kayak dan beberapa kata lain yang justru membuat kita menjadi terlihat kurang persiapan. Kadang kita juga memiliki kebiasaan yang sudah sangat mendarah daging dan akan terus diulang sepanjang hidup.
Segera cari tahu kebiasaan berbicara seperti saat berbicara dengan teman lewat telepon. Jika sudah tahu sebisa mungkin ubah kebiasaan tersebut.

Berbicara di Depan Umum 

Pada dasarnya berbicara di depan umum sangat mudah. Hanya saja butuh kesiapan yang benar-benar maksimal. Oleh karena itu ada beberapa cara melatih kemampuan berbicara didepan umum.

1. Lakukan Pemasanan

Sebelum benar-benar siap tampil di depan umum, alangkah lebih baik jika kita melakukan beberapan pemanasan. Seperti meregangkan tubuh agar tidak kaku, melatih vokal, dan berlatih mengucapkan kata-kata sulit yang jarang diucapkan. 


2. Perkenalkan Diri

Meskipun pendengar sudah mengenal kita, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan lagi diri kita kepada pendengar. Dengan begitu pembicaraan akan terasa santai dan pendengar nyaman dengan kita. 


3. Sampaikan Kalimat Inti

Menyampaikan kalimat inti kepada pendengar dalam kerangka yang sudah dibuat, akan membuat pendengar tahu kemana arah pembiaraan kita. Hal ini akan menunjukkan kesiapan kita di hadapan mereka. Selain itu kita akan lebih mudah mengingat apa yang akan kita sampaikan kepada pendengar. 


4. Lakukan Kontak Mata dan Bahasa Tubuh yang Baik

Saat berbicara di depan umum selama satu jam atau lebih dengan gaya yang monoton akan membuat pendegar menjadi bosan dan tidak fokus mendengarkan kita. Perlu adanya kontak mata dengan pendengar fokus, dan juga gunakan bahasa tubuh yang bervariasi seperti bergerak sesekali sesuai dengan nada bicara kita. 


5. Perhatikan Artikulasi

Artikulasi akan sangat mempengaruhi pembicaraan kita. Buatlah suara yang kencang dan jelas agar orang lain bisa mengerti maksud dan arah pembicaraan kita. Selain itu perhatikan penekanan suara agar kita terdengar percaya diri. 
Itulah beberapa tips dan cara melatih kemampuan berbicara didepan umum yang bisa dilakukan dengan mudah. Sesungguhnya berbicara di depan umum tidak sulit dan menakutkan. Kita hanya perlu sering melatih kemampuan berbicara agar bisa selalu siap tampil kapan saja. 
Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments