ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami yang Bisa Memotivasi dan Menginspirasi

Friday, May 17, 2019

Baca Juga

Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami yang Bisa Memotivasi

Hidup memang tidak mudah namun bisa dilalui jika selalu menyertakan Allah dalam setiap langkah. Masalah, cobaan mungkin akan datang silih berganti untuk menguji seberapa besar keimanan seseorang. Berikut ini kata kata bijak islami yang bisa memotivasi dan menjadikan inspirasi untuk ke depannya agar lebih bijak lagi dalam bertindak sesuai dengan syariat Islam. 
Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami yang Bisa Memotivasi dan Menginspirasi
freepik.com/freepik

1. Jangan Menyakiti Orang Dengan Menjaga Lisan

“ Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu. “ – Ali bin Abi Thalib
Salah satu kata kata bijak islami ini mengingatkan untuk senantiasa menjaga perkataan kepada orang lain. Karena perkataan yang buruk dan menyakiti orang lain adalah lebih buruk dibandingkan dengan menyakiti menggunakan alat tajam.
Allah swt tentu tidak menyukai orang-orang yang selalu membicarakan kejelekan dari orang lain sedangkan ia sendiri memiliki keburukannya sendiri. Untuk itulah selalu menjaga lisan adalah hal yang paling penting agar tidak menyakiti hati sesama muslim. 


2. Berdoa Untuk Cita-Cita Yang Diimpikan 

“ Doa adalah modal yang dimiliki semua orang untuk menjadi apapun dan mendapatkan apapun, tanpa memandang jabatan, status, kekayaan bahkan bentuk fisik. “ – Yusuf Mansur
Boleh saja berusaha sekeras apapun, namun jangan pernah lupa untuk berdoa. Doa adalah penghubung antara manusia dengan Tuhannya. Manusia boleh saja merencanakan hal besar dalam hidupnya namun tetap Allah swt yang akan menentukan hasilnya. 
Untuk itulah agar apa yang direncanakan sesuai dengan keinginan, luangkan waktu untuk berdoa kepada Allah swt. Pun jika kelak yang diinginkan tidak sesuai dengan rencana, seseorang tidak akan kecewa karena paham bahwa Allah swt adalah sebaik-baiknya pembuat rencana untuk hambaNya. 


3. Jangan Lupakan Allah Swt

“ Dekati Allah swt dalam kelapangan dan kesempitan. Ingatlah di setiap bahagia dan sedih kita. Jangan pernah melupakanNya dan jangan pernah ingatan kepadaNya kalah oleh ingatan untuk seseorang. “ – Panji Ramdana
Allah adalah sebaik-baiknya tempat mengadu. Kata-kata bijak islami ini mungkin akan membuat sadar bahwa Allah adalah pemilik kehidupan. Dalam berbagai kondisi dan keadaan jangan pernah melupakan Allah swt. Justru sebaliknya, datanglah pada Allah setiap waktu yang diinginkan agar semakin dekat dengannya. 


4. Menjaga Sholat Subuh Dan Setelahnya

“ Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu subuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur. “ – Lukman Hakim
Waktu subuh adalah waktu yang baik untuk memulai segala sesuatu. Bahkan ada anjuran yang melarang tidur selepas subuh karena waktu subuh adalah waktu Allah membagikan rejekiNya. Bangunlah ketika subuh dan lakukan kewajiban sebagai seorang muslim dengan khusyu. Dengan begitu seseorang sudah mengawali harinya dengan 1 hal yang baik. 
Bukan hanya dalam islam, bahkan hampir semua orang beranggapan bahwa tidur dan bangun siang akan membuat seseorang dijauhkan dari rezekinya. Jika dilogika maka rejeki yang seharusnya untuk seseorang sudah diambil orang lain yang lebih rajin. 


5. Rendah Hati Tidak Akan Membuatmu Menjadi Rendah

“ Kerendahan hatimu tidak akan terangkat dengan merendahkan orang lain. “ – Achmad Mustofa Bisri
Seseorang tidak akan menjadi lebih baik dengan merendahkan orang lain, pun sebaliknya. Orang lain tidak akan rendah di mata Allah meskipun ia direndahkan oleh orang lain. Terkadang seseorang lupa bahwa yang membedakannya di hadapan Allah swt adalah amal perbuatannya. 
Untuk itulah agar hidup selalu damai dan bahagia tetaplah menjadi rendah hati dan selalu menghargai orang lain. Jangan pernah merasa sombong dengan apapun yang sudah dimiliki karena sesungguhnya di atas langit masih ada langit lagi yang lebih tinggi. 


6. Jangan Membalas Perbuatan Buruk Orang Lain

“ Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. “ – Ali bin Abi Thalib
Ketika ada orang yang tidak menyukai dan berusaha untuk menyakiti diamkan saja. Allag swt selalu melihat apa yang dilakukan oleh hambaNya. Dan setiap perbuatan pasti akan mendapatkan balasannya yang setimpal. 
Jika ada orang menyakiti jangan membalasnya dengan kembali menyakiti. Namun cukup tunjukkan jika mampu menjadi lebih baik dari apa yang ia pikirkan. Secara tidak langsung ego mereka pun akan tersakiti dan membuatnya sadar atas apa yang telah dilakukannya. 


7. Jangan Lupa Bersyukur

“ Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi. “ – Ali bin Abi Thalib
Terkadang apa yang direncanakan oleh manusia tidak berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan. Banyak yang akhirnya menyalahkan keadaan hingga Allah swt untuk segala sesuatu yang menimpanya. Merasa kecewa dan sedih berlarut itu adalah hal yang wajar. 
Namun bersyukurlah untuk setiap keadaan yang mampu mendewasakan. Untuk keinginan yang belum terkabul karena bisa jadi Allah sedang ingin menunda doa yang sudah diucapkan dalam setiap sholat. Atau bahkan sedang menyiapkan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang dicita-citakan. 


8. Kebaikan Akan Mendapat Kebaikaan Begitu Pula Sebaliknya

Kebaikan selalu mendatangkan ketenangan, sedangkan kejelekan selalu mendatangkan kegelisahan. “ – Aa Gym
Seseorang yang baru saja melakukan kejahatan akan merasakan perasaan bersalah yang teramat dalam. Perasaan yang membuatnya tidak tenang dan gelisah dalam melangkah. Berbeda dengan orang yang selalu berusaha menebar kebaikan. Pasti hidupnya akan jauh lebih tenang dan damai juga bahagia. 
Seperti yang sudah dijelaskan pada kata kata bijak islami sebelumnya bahwa setiap perbuatan akan mendapatkan balasannya. Untuk itulah selalu berhati-hati dalam bertindak dan berbuat agar tidak mendatangkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. 


9. Meraih Keberkahan Hidup Dengan Selalu Jujur

“ Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat. “ – Ali bin Abi Thalib
Tidak ada yang salah dengan kejujuran. Justru jujur akan membawa banyak manfaat bagi insan manusia yakni kepercayaan, cinta dan rasa hormat yang tidak akan didapatkan oleh orang-orang yang suka berbohong. Tentu pernah mendengar istilah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti ia akan jatuh juga. Itu bermakna bahwa kebohongan tetap kebohongan yang suatu saat akan terbongkar juga. 
Sebagai seorang muslim, jujur adalah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Dengan jujur seseorang akan lebih mudah disayangi, dihormati dan dipercayai oleh orang-orang baik di lingkungan kerja, lingkungan sekitar rumah maupun yang lainnya. 


10. Hidup Semakin Mudah Dengan Bersabar

“ Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. “ – Ibnu Mas’ud
Orang yang bersabar senantiasa akan lebih mudah bersyukur atas segala sesuatu yang telah Allah swt tetapkan. Karena baginya dengan bersabar ia akan lebih mudah untuk menggapai ridho dari Allah swt. Untuk itulah sebagai seorang muslim hendaknya menjadikan sabar sebagai jalan untuk meraih ridho dari Allah swt. 

Nah itulah 10 kata kata bijak islami yang mungkin bisa memberikan motivasi dalam menjalani hidup. Ingatlah Allah dalam setiap langkah, maka Allah juga akan selalu mengingat hambaNya. Jadikan setiap cobaan yang datang sebagai ujian untuk bisa meningkatkan keimanan kepada Allah swt. 
Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments