ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Awas Tertipu! Ketahui Ciri-ciri Akun Palsu Di Facebook

Sunday, May 19, 2019

Baca Juga

Ketahui Ciri-ciri Akun Palsu Di Facebook


Berkembangnya teknologi membawa banyak kemudahan bagi manusia. Namun juga membawa banyak kejahatan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan Facebook untuk iseng, stalking orang, hingga melakukan penipuan dengan memakai akun palsu Facebook. Tentu hal ini membuat kita khawatir dalam memakai Facebook, bukan? lalu, adakah cara menghindari kejahatan yang satu ini? Simak ulasan kali ini yang dapat membantu kalian mengetahui ciri-cirinya dalam menghindari cybercrime dalam Facebook.
Awas Tertipu! Ketahui Ciri-ciri Akun Palsu Di Facebook
freepik.com/freepik


1. Senang Mencari Teman Baru

Akun palsu biasanya memiliki tujuan yang tidak baik misalnya sekedar iseng atau malah melakukan penipuan. Dengan tujuan itulah, mereka akan berusaha mendapatkan teman sebanyak mungkin agar dapat memenuhi keinginannya. Sangat disarankan kalian untuk mewaspadai akun tidak dikenali yang meminta pertemanan pada akun kalian karena bisa jadi itu adalah akun palsu yang berniat buruk.


2. Tidak Menggunakan Foto Asli

Akun palsu biasanya tidak akan menggunakan foto diri sendiri sebagai foto profil untuk mengelabui pengguna Facebook yang lainnya. Biasanya mereka menggunakan foto artis atau orang lain sebagai foto profil. Bila kalian penasaran dengan foto akun tersebut asli atau bukan, kalian dapat mengecek foto tersebut pada google. Bila ditemukan foto yang mirip, berarti itu foto palsu dan mungkin saja itu akun palsu yang memiliki niat buruk. 


3. Tidak Menyimpan Banyak Foto

Selain tidak menggunakan foto asli sebagai foto profil, akun palsu biasanya tidak memiliki koleksi foto pribadi pada Facebook dan tidak memiliki tag foto. Kalaupun ada foto biasanya foto produk atau bukan milik pribadi. Inilah yang membedakan akun palsu dan akun asli, sebab akun palsu akan cenderung menutup diri.


4. Sangat Pasif Atau Sangat Aktif

Setiap akun palsu tentu memiliki kebiasaan dan karakter yang berbeda. Dalam hal ini, ada akun palsu yang cenderung aktif mengechat akun yang mengapprove request pertemanan dengan pesan mengajak berkenalan, mengajak kencan, hingga promosi produk. Ada pula akun palsu yang cenderung sangat pasif karena terus mengawasi aktivitas akun lain dan diam diam mencuri data dari akun Facebook kita dan orang lain. 


5. Jarang Update Status

Akun Facebook akan cenderung jauh lebih pasif dan sangat berbeda dengan akun asli yang jarang membuat status. Akun asli biasanya ada aktivitas di Facebook seperti game, musik, status, hingga share link, gambar, dan lain sebagainya. Akun yang palsu lebih diam dan memilih untuk mengamati pengguna lain sebagai persiapan pencurian data ataupun kejahatan yang lain.

Seperti itulah ciri-ciri yang biasanya dimiliki oleh akun palsu yang ada di Facebook. Semoga dengan mengetahui ciri-ciri tadi, kita semua dapat terhindar dari akun-akun palsu yang ada di Facebook.

Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments