ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

6 Cara Melatih Kedisiplinan Dengan Tepat

Friday, May 17, 2019

Baca Juga

Banyak orang yang mengatakan bahwa kedisiplinan adalah salah satu kunci dalam keberhasilan. Kedisiplinan dapat dimulai sejak dini untuk dijadikan sebagai kebiasaan yang positif. Ada banyak cara melatih kedisiplinan seseorang agar membentuk pribadi yang baik. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicontoh agar menjadikan diri menjadi lebih disiplin. 




1. Menentukan Prioritas Utama

Pertama adalah dengan menetapkan prioritas utama. Cobalah untuk mengatur dan membagi prioritas mana yang harus didahulukan. Jangan sampai orang lain mempengaruhi diri sendiri dan membuat segala sesuatu yang telah disusun menjadi berantakan. Laksanakan prioritas yang telah disusun tersebut setiap hari secara konsisten. Tidak perlu terburu-buru, tapi juga tidak boleh terlalu santai. 


2. Melatih Diri Dari Godaan

Banyak godaan yang akan selalu mengiringi seseorang kedisiplinannya. Melatih kedisipilinan dengan cara menahan godaan bisa dikatakan cukup sulit bagi kebanyakan orang. HP adalah salah satu benda yang persentasenya tinggi dalam mengganggu konsentrasi dan kedisiplinan seseorang. Cobalah untuk tidak terlalu sering memegang HP kecuali apabila benar-benar penting. 


3. Mulailah Dari Sesuatu Yang Sederhana

Bahwasanya segala sesuatu yang besar merupakan sesuatu yang diawali dari hal yang kecil. Maka dari itu cara melatih kedisiplinan yang paling mudah adalah dengan memulai sesuatu dari yang kecil terlebih dahulu. Contohnya disini adalah bangun pagi tepat waktu, melakukan segala aktivitas rutin tepat waktu dan lain sebagainya. 

Nantinya kedisiplinan tersebut akan melekat pada diri sendiri secara perlahan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah lakukan dengan hati yang senang dan perasaan bahagia. Tujuannya adalah agar bisa menjalaninya dengan ikhlas dan tanpa beban.


4. Membuat Rencana 

Salah satu cara mudah melatih kedisiplinan adalah dengan membuat rencana jangka panjang, jangka pendek dan rencana cadangan. Buatlah rencana jangka panjang agar dapat termotivasi terhadap pencapaian yang ingin dicapai. Rencana tersebut tentunya harus disertai dengan tenggat waktu. Contohnya dengan menetapkan jangka waktu dalam 1 tahun harus mencapai goals A.

Sedangkan untuk rencana jangka pendek digunakan untuk lebih fokus pada hal-hal kecil sederhana atau bagian dari rencana jangka panjang. Terakhir adalah rencana cadangan yang wajib dibuat apabila ada hal-hal yang diluar kendali. Dengan membuat rencana tersebut tentunya akan membentuk pribadi yang disiplin.


5. Jangan Menunda Waktu

Kebiasaan menunda waktu seringkali melekat pada diri seseorang. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan buruk menunda waktu atau menunda kegiatan. Apabila ada waktu senggang, segeralah isi dengan hal-hal positif. Jangan menunggu waktu, tapi kejarlah waktu agar dalam sehari bisa melakukan kegiatan yang positif. 

Memanajemen waktu dengan baik adalah salah satu kunci keberhasilan seseorang menjadi disiplin. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti menghabiskan waktu bersama keluarga. Dalam bidang pekerjaan sendiri jangan menunda pekerjaan, terlebih jika pekerjaan tersebut ada deadlinenya.


6. Jangan Banyak Alasan

Disiplin merupakan sikap yang ditunjukkan tanpa mencari banyak alasan. Tidak ada alasan apabila ingin menjadi seseorang yang disiplin. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk jujur kepada diri sendiri. Tanyakan kepada diri sendiri apakah pencapaian selama ini sudah sesuai atau jauh dari target yang telah ditetapkan. 

Apabila dirasa tidak sesuai, jangan mencoba mencari banyak alasan. Belajarlah dari kesalahan yang telah dibuat dan berusahalah untuk memperbaikinya. 
Menjadi seseorang yang disiplin bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba membiasakan diri untuk disiplin dari sekarang dengan cara melatih kedisiplinan di atas.
Share This :
Pray Estu

Panggil saja Rizky / Pray. Junior Writter.

0 Comments